Tidur Siang Meningkatkan Berat Badan? Temukan Jawabannya di Sini!

Tidur Meningkatkan Berat Badan
Foto: Elements Envato/Aleksandra_Iarosh

Kebiasaan tidur siang seringkali dianggap sebagai aktivitas yang bisa berdampak negatif pada berat badan, membuat sejumlah orang khawatir bahwa mengambil waktu untuk istirahat di tengah hari dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Namun, pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Tidur siang, jika dilakukan dengan benar, dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan fokus, penambahan energi, dan penurunan stres.

Untuk mengatasi keraguan ini, mari kita jelajahi lebih dalam bagaimana tidur siang bisa berpengaruh terhadap berat badan dan apa saja manfaatnya.

Pertanyaan tentang apakah tidur siang dapat menyebabkan penambahan berat badan adalah topik yang telah dijelajahi oleh berbagai studi, termasuk penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School.

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur siang sebenarnya dapat membakar kalori 10 persen lebih banyak.

Hal ini menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi hormon rasa lapar, yaitu ghrelin, yang membuat orang cenderung makan lebih banyak dan akhirnya berat badan bertambah.

Sebaliknya, dengan tidur siang, kecenderungan untuk makan berlebihan dapat diminimalisir, sehingga membantu menjaga atau bahkan mungkin mengurangi berat badan.

Namun, ada aspek penting yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan tidur siang dan pengaruhnya terhadap berat badan.

Ahli gizi Deepshikha Agarwal menekankan bahwa tidur langsung setelah makan siang, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi kalori dan karbohidrat sederhana, bisa berdampak negatif tidak hanya pada berat badan tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti naiknya asam lambung.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga jarak antara makan siang dan tidur siang selama satu atau dua jam untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dan membakar lemak.

Selain memperhatikan jarak waktu antara makan dan tidur siang, menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan juga penting dalam mengoptimalkan manfaat tidur siang.

Ini termasuk menjaga pola makan yang seimbang, rutin berolahraga, menghindari begadang, dan meminimalisir stres. Semua faktor ini berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat.

Untuk memaksimalkan manfaat tidur siang, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Waktu Tidur Siang Ideal

Tidur yang Cukup
Foto: Elements Envato/LightFieldStudios

Usahakan untuk tidur siang antara pukul 12.30 sampai 14.00. Waktu ini dianggap optimal karena tidak terlalu dekat dengan jam makan siang dan membantu menghindari tidur siang yang terlalu larut, yaitu di atas pukul empat sore.

2. Durasi Tidur Siang

Tidur siang yang baik tidak perlu terlalu lama, cukup dengan 20 menit saja. Durasi ini dianggap cukup untuk menyegarkan tubuh tanpa membuat Anda terlalu lelap dan sulit bangun.

3. Kenyamanan Tempat Tidur Siang

Pilih tempat yang nyaman untuk tidur siang, dengan kondisi pencahayaan yang tidak silau, suhu udara yang nyaman, dan lingkungan yang tidak bising. Penggunaan penutup mata dan penyumbat telinga dapat membantu menciptakan kondisi yang lebih kondusif untuk tidur siang yang berkualitas.

4. Transisi Setelah Tidur Siang

Setelah bangun dari tidur siang, berikan waktu sejenak untuk beradaptasi kembali sebelum melanjutkan aktivitas. Ini membantu tubuh dan pikiran Anda untuk kembali berfungsi secara optimal.

Dengan memahami dan menerapkan praktik tidur siang yang tepat, Anda tidak hanya dapat menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan tetapi juga memanfaatkan berbagai manfaat kesehatan lainnya yang ditawarkan oleh tidur siang.

Melalui pendekatan yang seimbang dan memperhatikan aspek-aspek penting dari tidur siang, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup sehari-hari sambil menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal.

Bagikan:

Tags

Related Articles